0

(PART 1) Menapaki Jejak Waktu: Pengalaman Menonton Ulang 'Ameagari no You ni'




Setiap kali aku membaca ulang sebuah novel atau buku, aku selalu mendapatkan hal baru tiap kali aku mengulangnya. Rasanya seperti ada detail yang terlewat, atau bahkan aku tidak sadar bahwa tulisan atau kalimat menarik ada disitu sebelumnya.

Hal ini juga berlaku untuk tontonan anime movie/series. Dalam kasusku, fase awal bacaan atau tontonan mengarahkan fokusku pada plot cerita yang menarik. Entah karena aku bodoh atau lamban, tapi hanya pesan-pesan umum yang bisa aku tangkap dalam setiap adegan atau kalimat.

Hal baiknya adalah bahwa itulah pemicunya, plot yang segar dan menarik menggodaku untuk membaca dan menonton ulang cerita tersebut. Hingga pada suatu titik aku mulai memahami sebuah pola yang selalu berulang dimana akan selalu ada pengetahuan baru pada tiap pengulangan.

Belakangan ini, aku menonton kembali anime ameagari no you ni (after rain/setelah hujan). Setelah sekitar empat tahun lalu aku pertamakali menonton ini, kali ini adalah tontonan keempatku.

Dalam tulisan ini, aku akan menceritakan kesanku dalam tiap kali tontonan berikut fokus dan detail apa yang mampu aku tangkap. Menariknya, aku melihat ada perbedaan interpretasi pada tiap pengulangan berdasarkan kondisi mental, pemahaman intelektual, dan juga umurku.

Akan aku tulis opiniku dalam beberapa kali postingan kedepan dengan ini sebagai pembukanya. Aku berharap kalian juga akan menonton animenya suatu saat. Sampai bertemu di postingan selanjutnya. Adios!

0 comments:

Post a Comment

Back to Top