0

Asal Usul es krim

Ribuan tahun yang lalu, di saat musim dingin ada orang yang lupa memasukkan mangkuk berisi susu ke dalam rumah. Malam yang dingin itu susunya membeku. Dari sanalah manusia mendapat ilham untuk membuat es krim. Yang jelas empat ribu tahun yang lalu, orang china sudah mengenal es krim. Cuma es krimnya masih kuno, di buat dari nasi yang di lumatkan, susu, dan bahan-bahan lain lalu di kubur dalam salju sampai beku.

Empat abad sebelum masehi, Iskandar Agung sudah menikmati es krim yang di buat dari susu, madu dan sari buah yang di campur dengan salju . Saljunya harus di angkut secara berantai oleh para budak dari puncak gunung.Konon resep es krim pertama di tulis untuk Jendral Romawi Quintus Maximus Yang di juluki Gurgeo, aartinya si rakus

Pada masa susu masih langka, es krim susu Cuma bisa dinikmati orang kaya raya saja. Kemudian orang cina membuat juga hidangan pencuci mulut dari sari pelbagai buah atau buah yang di lumatkan dan dicampur dengan salju.

Menjelang abad ke XIII di jalan-jalan kota Beijing sudah di temukan gerobak-gerobak penjual es sari buah yang merupakan cikal bakal es sorbet atau sherbet di zaman modern. Pada abad XIV es krim susu dan sorbet pula di Vennesia yang kini meruakan wilayah Italia. Ada yang berpendapat Marcopolo membawa resepnya dari cina tahun 1295. Sperti kita ketahui Marcopolo lama tinggal di cina.

Ada pula yang berpendapat bahwa es krim susu dan sorbet itu merupakan buah pemikiran Bernarto Buontaleti seorang pembuat permen dan kue-kue dari Tuscany.

Resep es krim sangat di rahasiakan, biasanya Cuma koki orang kaya yang memilikinya ,hanya orang kaya yang mempunya ruang di bawah tanah untuk menyimpan balok-balok es yang di potong dari sungai atau danau di tengah musim dingin.Balok-balok es itu di kubur dengan balok gergaji supaya tidak meleleh, lalu di pakai membuat es krim di musim panas.

Tahun 1533 Katarina dari Medici yang berasal dari Vennesia menikah dengan pangeran Orleans dari perancis ang kelak menjadi Raja Henry II.Putri Vennesia itu dating ke Prancis membawa koki-koki membuat es krim selama pesta pernikaha selama satu bulan , tamu-tamunya di suguhi es krim sorbet yang berbeda-beda setiap hari,seprti sorbet jeruk, cherry, strawberry, dan juga krim kental yang dimaniskan lalu sedikit di bekukan, krim kental setengah beku ini lebih lembut dan mirip es krim modern, dibandingkan dengan es susu beku buatan Beijing . Baru tahun 1560-an es krim bisa di buat sekaligus dalam jumlah banyak berkat penemuan-penemuan di bidang teknologi. Menurut blassius Villafranca seorang dokter spanyol yang tinggal di roma. Titik beku lebih cepat di capai kalau es di beri sendawa.

Sepuluh tahun kemudian es krim”sungguhan” sudah di hasilkan di Florence Italia juga di Perancis ketika bayak orang italia pindah ke pelbagai penjuru Eropa dan juga ke Amerika sebagian dari mereka berjualan es krim dengan gerobak dorong , es krim pun menyebar ke mana-mana.

Awal abad XVII seorang koki Prancis bernama Gerard Tissain, bekerja d istana Raja Charles I dari Inggris. Tissain menemukan resep membuat es krim tiga rasa. Raja sangat senag, sehingga Tissain di berinya uang pension dengan syarat resep es krim itu tidak boleh di beritahukan kepada orang lain. Ketika Charles I di hokum mati 1649,Tissain merasa perjanjiannya dengan Raja sudah tidak berlaku. Ia menjual resep itu ke Café Napolitain di paris. Itulah asal mulanya nama es napolitain yang mempunyai tiga rasa.

Sejak 1700, kalangan atas di Amerika Serikat sudah tergila-gila pada es krim, termasuk presiden mereka yang pertama, George Washington, dan salah seorang pencetus Deklarasi Kemerdekaan yang juga presiden ketiga AS, Thomas Jefferson.

Isteri Presiden James Madison dari AS, Dolley, terkenal sering menghidangkan es krim stroberi dalam penjamuan di Gedung Putih. Tahun 1816 seorang tamu perempuan begitu terkejut saat mencicipi es krim untuk pertamakalinya, sampai ia terjatuh dan menuduh di racuni. Koki istana setempat di tahan, tetapi di bebaskan setelah istri presiden mencicipi es yang lezat itu tanpa pengaruh buruk.

Pertenghan abad XIX di temukan pelbagai alat untuk membekukan makanan, termasuk alat untuk embuat untuk es krim dan untuk menyimpannya supaya tidak mencair. Alat pembuat es krim pun melengkapi dapur orang-orang kaya di amrik.

Di Philadelphia tahun 1874, seorang pelayan toko es krim, tidak sengaja menjatuhkan sesendok es krim ke dalam gelas berisi minuman bersoda. Karena saying membuangnya, minuman itu di reguknya sendiri. Ternyata nikmat. Begitulah asal mulanya es krim soda.

Pertengahan tahun 1920, seorang pembuat permen bernama Harry Burt dari Youngstown, Ohio, membuat es lilin dari es krim vanilla yang di beri lapisan coklat di luarnya. Es lilin seperti ini di Indonesia dulu di sebut “chocho”.

Berabad –abad es krim di suguhkan di piring, cawan, gelas, atau di atas kue wafel. Tahun 1904 penggemar es krim berkenalan dengan es horen, es krim yang di taruh di kue keringBerbentuk kerucut. Saat ini sepertiga dari es krim yang di makan AS adalah es horen. Siapakah penemu gagasan yang bagus itu?.... Konon pada St.Louis Word’s Fair 1904 Ernest Hamwi yang berasal dari Suriah, berjualan zalabia, Yaitu wafer tipis yang garingb seperti kue semprong. Di sebelahnya seorang remaja keturunan Perancis. Arnold Fornachu, berjualan es krim. Ketika Fornachu kehabisan piring bersih, ia meminta Hamwi menyadiakan zalabia yang berbentuk kerucut untuk menematkan es krimnya. Namun ada orang berkata, Hamwi-lah yang mendapat akal membuat zalabia berbentuk kerucut dan menawarkannya kepada Fornachu.

Es krim makin di kenal di seluruh dunia. Rasanya pun sangat beragam. Awal tahun 1950-an, Burton Baskin Irvine Robbins, dua pemuat es krim di Kalifornia, mempromosikan es krim mereka dengan menyajikan es krim yang rasanya berbeda setiap hari selama 31 hari.

Kini ada ratusan rasa es krim. Rasa es krim khas Indonesia pun ada, Seperti: rasa duren, rasa nangka, rasa kelaa kopyor, rasa tapai, dsb. Es krim Indonesia juga ada yang di buat dengan bahan santan, bukan susu. Es krim apa yang paling banyak penggemarnya di dunia? Sejak dulu sampai sekarang, yang paling nge top ternyata rasa vanili, cokelat, dan stroberi.

Karena dulu alat pembuat es krim harus di putar, es krim Indonesia sering kita sebut “es puter”. Penjaja es krim yang memakai gerobak, membunyikan bel untuk member tahu kehadirannya. Namun, ada juga yang memakai tetabuhan gaya Indonesia , yaitu gong. Bunyinya: mong-mong-mong. Karena itu mereka sering di sebut penjual es mong-mong atau bahkan es nong-nong!

Kita juga mengenal es doger, yaitu es serut yang di beri sirup berwarna merah jambu, potongan-potongan kelapa muda, nangka dan sering diberi tambahan ketan hitam, cendol/jentik manis dan tanpa santan, saji semacam sorbet. Mengapa di sebut es doger? Konon karena pantat pembuatnya bergoyang-goyang seperti penari doger!

sumber: buku Intisari  "Asal-Usul"

0 comments:

Post a Comment

Back to Top